Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menanggulangi Sakit Tulang Sesudah Melahirkan

Pada Umumnya, ibu melahirkan akan mencicipi sakit atau nyeri pada pinggang, punggung, lutut, tulang ekor, dll. Hal ini terjadi alasannya yaitu adanya pergantian hormon dan pergantian fisik selama kehamilan, proses persalinan yang usang dan sulit, serta kecapekan dan stres merawat bayi sanggup menjadi penyebab tulang Anda merasa sakit setelah melahirkan. Jika unek-unek tulang ini dibiarkan akan sungguh mengusik ketentraman dan kelangsungan acara Anda. 

Namun, jangan cemas, Bunda. Kondisi tersebut sanggup teratasi dengan beberapa perawatan sederhana dan menjalankan beberapa cara dengan kiat berikut ini :

1. Berolahraga

Berolahraga seperlunya berharga selan untuk kebugaran tubuh juga sanggup mengembalikan kelenturan otot dalam tubuh setelah kehamilan. Lakukan peregangan otot selama 10 menit setiap hari. Anda juga sanggup menjalankan olahraga jalan kaki, yoga, bersepeda, senam, dll.


2. Mengonsumsi masakan yang mengandung kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D berharga untuk kesehatan tulang. Konsumsi masakan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D, seumpama keju, susu, sayuran hijau, kedelai, ikan salmon, ikan tuna, telur, yoghurt, dll. Kurangi mengonsumsi masakan dan minuman yang tidak baik bagi tulang, seumpama garam, minuman soda, masakan manis, kafein, rokok, dan alkohol. Ibu yang gres saja melahirkan dan berlanjut menyusui dibutuhkan mendapat asupan kalsium yang cukup mudah-mudahan terhindar dari tulang keropos.


3. Diet sehat

Berat tubuh berlebih juga sanggup menghasilkan tulang terasa nyeri alasannya yaitu mesti menopang beban tubuh yang bertambah. Karena itu, lakukan pembatasan makanan sehat dengan mempertahankan tumpuan makan atas tutorial dokter ya, Bunda.


4. Berjemur pada pagi hari

Selain pada makanan, vitamin D juga didapatkan pada sinar matahari pagi sekitar jam 7-9. Berjemurlah selama 10 menit, Anda pun terhindar dari risiko patah tulang sebanyak 30%.


5. Jaga postur tubuh di saat menyusui

Hindari posisi tubuh membungkuk di saat menyusui. Duduklah di dingklik dengan punggung tegak dan dekatkan bayi ke dada Anda. Hal ini sanggup meminimalisir nyeri pada punggung.


6. Jaga posisi menggendong bayi

Kurangi intensitas menggendong bayi pada pinggul Anda alasannya yaitu sanggup menambah beban otot punggung. Gendonglah bayi Anda secara bergantian di pinggul kanan dan kiri. Hal ini juga berlaku di saat Anda menenteng tas peralatan bayi dengan pundak kanan dan kiri Anda.


7. Hindari memakai sepatu high heels secara berlebihan

Berlama-lama memakai sepatu berhak tinggi sanggup membuat cedera kaki dan rapuhnya tulang kaki.


Tulang yang sehat menjadi cita-cita setiap ibu. Tips di atas sanggup menolong Anda merealisasikan kesehatan tulang setelah melahirkan. Jika rasa nyeri tulang tidak kunjung berkurang, secepatnya periksakan diri ke dokter ya, Bunda. Semoga bermanfaat. Terimaksih.


Source: http://www.ibudanmama.com/

Post a Comment

0 Comments