Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Tips Mengirimkan Paket ke Luar Negeri

Faktor geografi bukan alasan untuk menjalankan bisnis di era digital. Dengan kemudahan teknologi dan informasi yang semakin maju, orang bisa melakukan transaksi penjualan dan pembelian lewat online saja. Anda bisa mengirimkan paket ke luar negeri lebih mudah tanpa perlu mengeluarkan uang lebih banyak, kok. Apalagi paket yang Anda kirimkan bukan jenis kargo, kurir akan tetap melakukan jasa kirim barang tanpa perlu memenuhi kuota tertentu. Mudah, bukan?


Mengirimkan paket ke luar negeri

Anda bisa mengirim paket yang masuk kategori barang aman ke luar negeri, misalnya pakaian, makanan yang awet, dokumen, dan lain-lain. Jika barang yang ingin Anda kirimkan masuk kategori perlu perlindungan ekstra seperti keramik, barang pecah belah, perhiasan, parfum, dan sebagainya. Agar paket yang Anda kirimkan bisa sampai ke tujuan secara aman, maka perhatikan beberapa cara penting dalam mengirimkan paket ke luar negeri berikut :

1.                 Menggunakan layanan yang sesuai

Setiap jasa kirim barang ke luar negeri memiliki harga layanan sesuai dengan kebijakan masing-masing. Selain itu, harga pengiriman barang ke luar negeri berbeda tergantung tujuan juga. Pastikan Anda mengutarakan kejujuran terkait isi barang agar tidak kena cekal atau ditahan. Jangan lupa untuk memilih harga layanan yang bisa dibayarkan sesuai kebutuhan Anda masing-masing, misalnya PayPal, Dollar atau rupiah saja.

2.                  Mengemas paket dengan baik

Langkah kedua yang harus Anda perhatikan saat kirim paket ke luar negeri adalah mengemas barang sebaik mungkin. Meskipun kurir sudah kredibel dan memiliki reputasi yang baik dalam pengiriman paket, Anda tidak boleh mengemas barang secara sembarangan. Pastikan kemasan paket aman dan terhindar dari risiko kerusakan akibat goncangan.

3.                 Berikan alamat pengiriman yang jelas

Tips mengirim barang ke luar negeri yang aman dan sampai tujuan adalah memberikan label atau penulisan alamat pengiriman sejelas mungkin. Anda harus memastikan penulisan alamat benar sesuai dengan alamat umum di luar negeri agar kurir tidak bingung.

4.                 Menggunakan asuransi tambahan

Jika barang yang Anda kirimkan tergolong benda yang riskan mengalami kerusakan atau hilang, sebaiknya Anda memilih layanan yang menerapkan tambahan asuransi untuk barang tersebut. Asuransi sangat berguna dalam melindungi risiko barang hilang atau rusak sehingga Anda tidak merugi kemudian hari.

Jika Anda melakukan bisnis jual beli dengan klien di luar negeri, asuransi merupakan hal wajib yang harus Anda gunakan. Asuransi bisa meminimalisir risiko kerugian yang harus Anda tanggung akibat paket hilang atau rusak.

5.                 Mendokumentasikan paket lebih dulu

Segala hal yang Anda lakukan termasuk jual beli online dengan konsumen luar negeri tetap memiliki risiko. Ada gunanya untuk melakukan dokumentasi sebelum paket yang sudah Anda kemas sampai ke tujuan dengan aman.

Dengan adanya bukti paket telah dikemas dengan rapi, maka konsumen yang menerima bisa mengantisipasi apabila paket alami kerusakan. Pilih pihak pengiriman yang berkualitas sehingga tidak ada risiko paket dibuka oknum tidak bertanggung jawab, rusak atau cacat lainnya.

Beberapa tips melakukan pengiriman paket ke luar negeri wajib Anda coba agar barang bisa sampai ke tangan pelanggan dengan aman. Pilih layanan jasa kirim barang yang terpercaya sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Bahkan Anda bisa melakukan cek atau tracking paket yang dikirim ke luar negeri lewat ponsel saja. Sangat mudah, praktis, dan murah, bukan? Yuk, segera bangun bisnis online Anda untuk mengembangkan ekspansi usaha ke luar negeri !

Post a Comment

0 Comments