Ticker

6/recent/ticker-posts

Rekrut Karyawan Melalui Platform Asesmen Online untuk Dapatkan Kualitas Kandidat yang Terbaik

Selama sepuluh tahun terakhir, banyak sektor kehidupan  yang beralih secara online, tak terkecuali rekrutmen karyawan melalui platform asesmen online. Metode ini diklaim sangat efektif untuk menjaring kandidat karyawan dengan kapabilitas terbaik. Pasalnya, tool ini dapat memberikan hasil penilaian yang jauh lebih akurat dibandingkan metodologi konvensional seperti melalui nilai akademis semata. Lalu, bagaimanakah platform ini mencari kandidat terbaik? Simak ulasannya dalam artikel berikut.


Platform penilaian online seperti smART milik ASI Asia Pasific memiliki beragam jenis asesmen, mulai dari penilaian kepribadian, motif dan motivasi dalam bekerja, gaya bekerja dan berinteraksi dengan kolega, penalaran umum, hingga bahasa Inggris untuk bisnis. Macam-macam penilaian inilah yang nantinya akan menjadi tolok ukur untuk menjaring kandidat terbaik. Pasalnya, beragam tes tersebut akan merekap jawaban tiap kandidat untuk hasil akhir berupa:

1.    Kemampuan Kognitif


Kemampuan ini sangat diperlukan dalam pekerjaan apa pun. Pasalnya, skill ini akan memperlihatkan bagaimana kandidat karyawan saat bekerja kelak. Bila kandidat karyawan memiliki kemampuan kognitif yang terlalu tinggi, ia akan mudah bosan pada pekerjaannya. Sebaliknya, bila kandidat karyawan memiliki kemampuan kognitif yang terlalu rendah, ia mudah kewalahan dengan tanggung jawab pekerjannya.  Oleh karena itulah, menjaring calon kandidat karyawan melalui platform penilaian online bisa membuat perusahaan menemukan seseorang dengan tingkat kognitif yang tepat dengan pekerjaan yang dilamar.

2.    Kecerdasan Emosi


Menurut situs Very Well Mind, kecerdasan emosi atau emotional intelligence merupakan kemampuan lain yang sangat penting dalam dunia profesional. Sebab, keterampilan ini bisa membantu seorang pekerja untuk membangun komunikasi, manajamen relasi, pemecahan masalah, serta hubungan di tempat kerja. Melalui asesmen kepribadian juga gaya bekerja dan berinteraksi dengan kolega, kecerdasan emosional seorang kandidat dapat diukur dengan objektif.


Seperti itulah cara platform penilaian online untuk mencari dan menemukan kandidat terbaik untuk sebuah perusahaan. Selain tingkat akurasi yang tinggi, alat ini juga memberikan efisiensi dan efektivitas yang baik untuk perusahaan. Sebab, perusahaan tak perlu lagi menyiapkan anggaran untuk pasang iklan, biaya transportasi kandidat untuk interview tatap muka (terutama di level manager ke atas), dan biaya-biaya tidak terduga lainnya selama proses perekrutan. Poin unggul lain dari platform ini adalah data semua kandidat yang tersimpan dengan rapi dalam cloud. Sehingga, bila perusahaan membutuhkan kandidat tambahan atau pengganti, perusahaan tak perlu mengulang proses rekrutmen dari awal.  

Post a Comment

0 Comments