Ticker

6/recent/ticker-posts

Instrumen Investasi Untuk Pemula Yang Paling Cocok Sebagai Pilihan

Berinvestasi merupakan salah satu cara yang diambil guna mengumpulkan pundi-pundi harta. Dengan berinvestasi maka seseorang mampu peroleh beragam keuntungan dari bunganya. Semakin banyak orang merasa sadar akan betapa pentingnya investasi. Maka makin banyak juga orang berhasil meraih tujuan financial mereka. Kini sudah hadir beragam jenis investasi untuk pemula yang cocok dijadikan pilihan.



 Berinvestasi tentu saja ada banyak manfaatnya. Apalagi nantinya investasi tersebut bisa menyelamatkan anda dari masalah keuangan. Tentu saja ada banyak jenis investasi yang bisa anda ikuti. Kini anda pun bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Mengapa harus merasa ragu jika berinvestasi itu terbilang menguntungkan.

Investasi ini cocok sekali untuk pemula

Jika memang saat ini anda masih belum mempunyai investasi, tentunya masih ada banyak waktu untuk bisa memulainya. Sebelum bergabung sebaiknya anda kenali apa saja jenis instrument investasi yang paling cocok untuk pemula. Dari pada penasaran sebaiknya simak ulasan berikut:

  • Deposito

Deposito menjadi salah satu jenis instrument dalam jangka pendek yang sudah dimiliki bank. Sistemnya sama halnya saat kita menabung di bank. Hanya saja anda tidak mampu melakukan penarikan dana dalam jangka waktu tertentu. Kini anda bisa menentukan sebuah pilihan akan jangka waktu yang menjadi keinginan. Baik itu 3 bulan bahkan bisa sampai 1 tahun sekalipun. Dengan anda menyimpan uang pada deposito maka anda bisa memperoleh keuntungan sekitar 5 hingga 8 persen per tahunnya.

  • Logam mulai

Investasi untuk pemula yang selanjutnya tentu saja dengan berinvestasi logam mulia. Investasi tersebut masuk dalam jenis investasi berjangka panjang.  Menariknya investasi ini memang rendah resiko sehingga cocok sekali bagi anda yang masih pemula. Harga logam mulia pun cenderung mengalami kenaikan bahkan tetap stabil setiap tahunnya.

Emas merupakan salah satu jenis logam mulai yang menarik anda simpan. Sejak dulu kala kebanyakan orang lebih suka melakukan investasi dalam bentuk emas. Yang pasti emas ini bisa dijadikan sebagai perlambang kekayaan.

  • Saving Bonds Ritel

Saving Bonds Ritel ini merupakan surat berharga yang biasanya diterbitkan negara. Jika memang anda melakukan investasi pada instrument tersebut. Maka anda pun bisa bertindak sebagai pemberi pinjaman.SBR ini masuk dalam kategori investasi jangka pendek dengan resiko paling kecik. Dimana SBR tersebut memang ditanggung oleh negara. Adapun modal awal yang anda butuhkan hanya sekitar Rp 100.000 rupiah saja. Dimana bunganya nanti sebesar 6,3% per tahun.

Jangka waktunya sekitar dua tahun lamanya. Jadi anda bisa mencairkan uang lebih awal hanya dengan memanfaatkan sebuah fasilitas Early Redemption. Dalam bahasa Indonesia sering kali SBN ini disebut sebagai Surat Berharga Negara.

  • Reksa Dana Pasar Uang

Jenis investasi untuk pemula ini ternyata sudah menjadi favorite banyak orang. Hal ini dikarenakan adanya manajer investasi yang bersedia memberikan bantuan dalam pengelolaan dana investor. Jadi anda pun tidak perlu berpikir kemana uang tersebut perlu diletakkan agar memperoleh keuntungan. Jenis investasi kali ini menjadi pilihan banyak orang. Apalagi resikonya juga terbilang rendah sekali.

Hanya dengan melalui RDPU maka modal yang sudah anda miliki ini bisa disalurkan semuanya dalam instrument berjangka pendek. Semisal saja obligasi. RDPU menjadi salah satu jenis investasi online yang bisa anda lakukan. Kini sudah banyak tersedia aplikasi menarik yang mampu anda unduh melalui ponsel untuk bisa melakukan investasi. Biasanya minimal modal yang dibutuhkan berkisar Rp100 ribu rupiah saja.

  • P2P Lending

Bukan hanya RDPU saja tetapi investasi P2P Lending ini juga menjadi salah satu jenis investasi online yang ternyata digemari banyak anak muda. Hal ini dikarenakan jenis investasi tersebut tergolong baru sehingga mampu memikat perhatian banyak investor. Dengan anda berinvestasi pada P2P Lending maka anda pun nantinya bisa membantu permodalan UMKM yang ada di Indonesia. Dimana uangnya nanti memang disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha.

Kini anda pun bisa menentukan sebuah pilihan pada jenis investasi P2P Lending yang terdaftar dan sudah diawasi oleh OJK. Dengan begitu nantinya hal anda sebagai investor pun bisa terlindungi. Setidaknya anda bisa memulai investasi cukup dengan modal hanya Rp 25.000 rupiah saja. Dimana angka tersebut sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Itulah tadi beragam jenis investasi untuk pemula yang cocok dijadikan sebuah pilihan. Semoga anda bisa tergabung dalam salah satu jenis investasi di atas sehingga mampu peroleh keuntungan tertentu.

Post a Comment

0 Comments